indra lesmana sang legenda indonesia
source: line-scdn.net

Indra Lesmana seorang Legenda Musik Indonesia

Dia memimpikan ayahnya, dan lagu-lagu terus bermunculan. Tony Stanton berbincang dengan legenda jazz Indra Lesmana.

Indra Lesmana sang Legenda Musik

Hai Indra, apa yang kamu lakukan akhir-akhir ini?

Saya baik terimakasih. Seperti biasa, saya membuat dan mengarang musik setiap hari, tampil bersama Trio Keytar Band dan Krakatau Band Reunion di seluruh Indonesia, mengajar di rumah dan rutin tampil di Sunday Mostly Jazz di Griya Santrian.

Anda baru saja merilis album lain, Tentang Jack, yang didedikasikan untuk ayahmu. Ceritakan sedikit tentang itu…dan pria itu. Apa yang dia suka di dalam dan di luar gitar?

Itu adalah ulang tahun ayah saya, dan saya bermimpi bahwa saya tampil bersamanya, memainkan semua lagu yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Hari berikutnya saya mengambil kunci saya dan menyetelnya untuk mendapatkan suara gitar Jack Lesmana, dan mulai menulis semua lagu yang pernah saya dengar dalam mimpi saya. Dalam tiga hari, saya sudah menyiapkan semua lagu untuk direkam. Jadi ini adalah album yang didedikasikan untuk Jack Lismana, sebuah album tentang Jack, yang adalah seorang pria yang luar biasa dan seorang musisi yang hebat dan seorang ayah yang hebat dan seorang guru yang hebat dan seorang pria yang melakukan banyak hal untuk jazz di Indonesia.

Anda adalah seorang ahli jazz sejak kecil, kan? Kapan Anda pertama kali mengambil alat musik, dan bermain di atas panggung untuk pertama kalinya?

Saya mulai bermain piano ketika saya berusia sembilan tahun, dan saya pertama kali mulai bermain dengan band ayah saya ketika saya berusia sepuluh tahun dan menjadi seorang pianis sampai kematiannya.

Berita Menarik:   Digital di Indonesia

Apakah menurut Anda bakat musik sudah mendarah daging dalam DNA kita? Apakah Anda suka atau tidak?

Iya dan tidak. Saya kenal beberapa musisi bagus yang orang tuanya juga musisi, tapi saya juga kenal banyak musisi hebat yang nenek moyangnya tidak ada hubungannya dengan musik. Saya pikir itu lebih berkaitan dengan bagaimana Anda tumbuh dan lingkungan Anda. Saya pikir jika Anda lahir dan dibesarkan dikelilingi oleh musisi jazz dan musisi jazz, Anda akan terpengaruh di suatu tempat di sepanjang garis.

Bagaimana pengalaman Anda sebagai juri Indonesian Idol, dan bagaimana pendapat Anda tentang bisnis musik saat ini?

Itu adalah pengalaman yang menyenangkan. Saya sangat menikmatinya. Kami memiliki momen-momen hebat dan bertemu dengan beberapa talenta baru yang hebat, beberapa di antaranya kadang-kadang masih tampil bersama saya.

Bidang musik telah berkembang di Indonesia sekarang, dan tidak lagi sama seperti dulu. Merekam album sekarang mudah, kebanyakan musisi memiliki studio sendiri di rumah, dan berkat kekuatan media sosial, mereka dapat membangun basis penggemar dan pengikut dan menjual langsung kepada mereka, menjual musik mereka dan mempromosikan konser dan merchandise mereka. Jadi ini waktu yang mengasyikkan.

Siapa saja bintang jazz muda yang bersinar saat ini di Indonesia?

Indonesia memiliki banyak talenta jazz muda, yang diperlukan untuk menemukan yang terbaik adalah mencari di Instagram dan YouTube. Sangat menakjubkan apa yang akan Anda temukan.

Saya lahir dengan jazz, saya hidup dengan jazz setiap detik dalam hidup saya. Jadi saya pikir jazz seperti udara yang saya hirup setiap hari.

Ceritakan tentang istri Anda yang luar biasa, Honhon… Di mana kalian bertemu, dan apa yang diberikannya kepada Anda sebagai pribadi?

Berita Menarik:   Evolusi Musik Indonesia dari Dulu hingga Sekarang

Kami bertemu di Jakarta sekitar 20 tahun yang lalu. Dia adalah orang yang sangat berbakat, dia menulis lirik lagu yang bagus, mengambil gambar yang bagus, membuat desain yang bagus, melukis, memasak, membesarkan anak-anak kita, melakukan bisnis kita, mencintai jazz dan merupakan sahabat saya.

 Jadi saya orang yang beruntung

Anda pernah tampil dan mengaransemen Sunday Mostly Jazz di Griya Santrian. Bagaimana hal itu terjadi dan bagaimana hal itu diterima?

Saya pindah ke Bali bersama keluarga saya dua tahun lalu. Bersama mitra saya IDG Sidharta, kami membangun ‘Sanggar Musik Indra Lesmana’, sebuah pusat pendidikan musik komunitas.

Sekarang masih dalam proses dan mudah-mudahan tahun depan sudah siap.

Sunday Mostly Jazz adalah bagian dari kegiatan kami untuk mempromosikan lebih banyak musik jazz di Sanur dan juga untuk menyatukan bakat-bakat musik muda yang baru. Kami telah memiliki lebih dari 30 pertunjukan dalam lebih dari satu tahun sekarang dan mereka berjalan dengan sangat baik.

Senang mendengarnya. Indra Lesmana, terima kasih banyak atas waktu dan apa yang telah Anda lakukan untuk dunia musik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.